Cara Mengganti Keyboard

Cara Mengganti Keyboard Laptop Untuk Pemula

Berdasarkan pengalaman Technoducation, salah satu komponen atau perangkat keras laptop yang sering mengalami kerusakan adalah keyboard. Bentuk kerusakan keyboard pada laptop dapat berupa salah satu tombol yang tidak berfungsi, tombol menekan terus dengan sendiri ataupun sama sekali tidak dapat digunakan.

Untuk mengatasi hal tersebut di atas tentunya membutuhkan keahlian khusus tentang trouble shooting komputer. Jika keyboard laptop anda memang benar harus diganti dan anda bukan orang yang ahli di bidang trouble shooting komputer, maka anda harus membawa keyboard anda ke teknisi komputer untuk diganti dengan keyboard yang baru.

Cara Mengganti Keyboard Laptop Untuk Pemula.
Jangan khawatir, pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mengganti keyboard laptop yang rusak untuk pemula. Dengan mengganti keyboard laptop sendiri, tentunya akan menekan pengeluaran anda. Silahkan simak tips berikut untuk menekan biaya penggantian keyboard dan anda dapat melanjutkan pekerjaan anda.
1. Kebanyakan orang belum mengetahui secara pasti bagaimana kontruksi dari keyboard beserta dudukannya, ada baiknya anda mencari tutorial di youtube terlebih dahulu  cara membongkar atau melepas keyboard. Dengan mengetahui terlebih dahulu bagaimana posisi dudukan keyboard maka dapat meminimalisir  kerusakan yang fatal pada casing dan dudukan penguncinya mengingat antara satu laptop dengan yang lainnya berbeda bentuk dan kontruksi casing.
2. Ada baiknya sebelum anda mulai melepas keyboard rusak dari laptop, terlebih dahulu anda membeli keyboard laptop baru yang sesuai  vendor dan seri laptop, Jadi dari keyboard baru tersebut dapat  dipelajari konstruksinya, letak baut pengunci keyboard serta letak pengunci pada casing.
3. Lepaskan keyboard secara hati hati dari casing setelah sebelumnya melepas baterai laptopnya terlebih dahulu. Kebanyakan keyboard terpasang pada body casing atas dengan pengunci samping atau pada bagian atas. Anda dapat menggunakan obeng minus kecil untuk mendorong pengunci ke dalam. Namun ada beberapa merk laptop  yang memasang baut dan harus melepas keyboard dari bagian bawah laptop.
4. Setelah keyboard berhasil dilepas, kemudian lepaskan juga kabel fleksibel keyboard secara hati hati
5. Bersihkan area dudukan keyboard dengan kuas bersih dan lembut atau vacum cleaner
6. Pasang keyboard baru  dan kemudian memasang kabel fleksibel keyboard. Caranya tempatkan dahulu keyboard pada dudukannya kemudian pasang kabel fleksibelnya.
7. Pastikan keyboard dalam posisi benar pada dudukannya serta pemasangan kabel fleksibel tepat. Kencangkan kembali pengunci keyboard.
8. Pasang baterai laptop kembali dan nyalakan, laptop anda. Lakukan pemeriksaan terhadap fungsi semua tombol keyboard dengan cara mengetik semua tombol dan fungsi tombol keyboard lainnya untuk mengecek apakah keyboard baru tersebut bekerja sebagaimana mestinya.
Bagikan informasi tentang Cara Mengganti Keyboard Laptop Untuk Pemula kepada teman atau kerabat Anda.


 

Komentar

Postingan Populer