6 Teknologi Canggih Ini Asli Buatan Indonesia

6 Teknologi Canggih Ini Asli Buatan Indonesia



Perkembangan teknologi yang begitu pesat tidak hanya terjadi pada negara-negara maju seperti JepangIndonesia pun turut mengalami perkembangan teknologi yang signifikan. Meski tidak semaju Jepang, nyatanya Indonesia tidak pernah ketinggalanmengikuti tren teknologi dan menciptakan inovasi-inovasi terbaru di bidang tersebut.
Tidak ingin hanya menjadi pengguna teknologi dari luar negeri, Indonesia turut menciptakan teknologi-teknologi pintar yang dapat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Seperti 6 teknologi canggih berikut ini yang ternyata asli made in Indonesia.

6 TEKNOLOGI CANGGIH BUATAN INDONESIA

1. Wakamini dan Wakatobi (Tablet PC)

masukkan deskripsi gambar disini
Sebuah perusahaan teknologi lokal, Zyrex telah berinovasi menciptakan sebuah Tablet PC yang diklaim 100%asli buatan Indonesia. Dua seri komputer tablet yang diberi nama Wakamini dan Wakatobi ini merupakan produk sejenis iPad yang diciptakan produsen besar, Apple.
Zyrex menjamin produk ini dibuat dengan menggunakan material asli dari Indonesia dan tanpa campur tangan pihak luar. Dijual dengan harga Rp 3 jutaan, tablet PC ini dibekali dengan fitur-fitur canggih yang tidak kalah dari iPad dan diperkenalkan pertama kali di ajang FKI-ICS 2010, Balai Sidang, Jakarta.

2. Robot Gegana

Robot Gegana
Tim Penjinak Bom Gegana Brimop membuat sebuah robot canggih yang diberi nama Robot GeganaRobot ini diciptakan untuk menjinakkan bom yang tertanam di tanah dan menembak target incaran dengan tepat sasaran.
Kemampuan robot ini sangat berguna bagi para penjinak bom dan bisa juga dipakai di medan pertempuran. Robot yang didesain berbentuk mobil tank ini pernah dipamerkan di Pameran Teknologi dan Polisi di Balai Pertemuan Metro Jaya, Jakarta.

3. Sosrobahu

Sosrobahu
Di bidang konstruksi, ada sebuah teknologi canggih yang diciptakan ilmuwan Indonesia yang disebut Sosrobahu. Teknologi ini merupakan teknik yang digunakan untuk membangun jalan layang. Dengan menggunakan teknologi Sosrobahu, jalan yang dibangun bisa bertahan hingga satu abadTeknologi ini sudah diakui dunia dan tidak hanya dipakai di Indonesia saja, tapi juga negara-negara lainnya dari Malaysia hingga Thailand.

4. Smart Eagle II

Smart Eagle II
Smart Eagle II adalah pesawat tanpa awak pertama yang dibuat oleh PT Aviator Teknologi Indonesia yang digunakan untuk kepentingan intelijen negara. Pesawat canggih yang mampu terbang selama 6 jam dan mampu beroperasi di malam hari ini pertama kali diuji coba di salah satu tempat di Pantai Selatan Jawa Barat. Hasil yang didapat pun cukup memuaskan. Sayangnya, pengembangan Smart Eagle II tidak berjalan dengan baik dan seolah terabaikan. Padahal, pesawat canggih ini sangat berguna untuk militer.

5. Pesawat N-250

Pesawat N-250
Sebuah pesawat penumpang sipil bernama N-250 yang dirancang IPTN Indonesia pernah menjadi salah satu aset kebanggaan Tanah Air. Pesawat yang diluncurkan pada 1995 ini memiliki keunggulan di kelasnya dan mampu merebut pasar kelas 50-70 penumpang. Pesawat ini juga pernah dipamerkan di Indonesian Air Show 1996 di Cengkareng dan menjadi teknologi yang paling mendapat apresiasi.
Sayangnya, pesawat N-250 dihentikan produksinya setelah krisis ekonomi 1997. Sempat diencanakan akan dibangun kembali oleh B.J. Habibie, namun dana yang diperlukan terlalu fantastis sehingga pesawat N-250 kini hanya tinggal kenangan.

6. Chipset

Chipset
Tidak banyak yang tahu bahwa Indonesia memiliki Chipset buatan anak bangsa yang diberi nama Xirka. Chipset ini dirilis pada Agustus 2009 dan hadir dengan varian yakni untuk fixed wimax dan mobile wimax untuk jaringan internet. Sayangnya, Chipset ini tidak dibuat untuk produk gadget seperti smartphone atau tablet. Xirka Chipset hanya dapat digunakan untuk alat pemindai absensi mahasiswa dan transaksi cahsless.
Sumber: https://jalantikus.com/gadgets/teknologi-canggih-buatan-indonesia/

Komentar

Postingan Populer